Rabu, 16 November 2011

Preset WB Foto IR

Berikut ini gw akan bagi salah satu tutorial  Preset WB Foto IR, yang gak sengaja gw dapet dari salah satu forum para suhunya FOTOGRAFI.

Trik Preset WB Foto IR.
Salah satu persyaratan untuk dapat memotret dengan filter IR (baik yg di depan lensa maupun yg di dalam/inside) adalah mengeset WB (Preset WB).  Tapi karena mengejar momen dan/atau hal lain, kadang-kadang kita lupa untuk mengeset WB ke Preset WB. Kemungkinan lain adalah belum berhasil men-preset WB pada kamera sehingga hasil jepretan menjadi merah seperti ini.

Jangan delete foto tersebut karena masih bisa disiasati dengan menggunakan software seperti Nikon Capture atau Photoshop.  Cara untuk mensiasati dengan Nikon Capture telah saya uraikan dalam artikel sebelumnya karena pada waktu itu saya belum tahu cara mengakalinya dengan PSCS.
Dua syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk dapat mengatasi foto IR yang salah setting WB, yaitu :

  1. Format file harus dalam bentuk RAW atau NEF khusus untuk kamera Nikon
  2. Kamera anda telah ada dalam file Camera Raw nya PSCS. Biasanya untuk kamera model terbaru belum ada dalam data base Camara Raw PSCS.
Apabila dua syarat tersebut di atas terpenuhi, maka kita tidak perlu kuatir dengan settingan WB pada kamera, sepanjang komposisi, lighting dan ketajaman telah sesuai dengan selera.  Berikut tahap-tahap untuk setting WB dengan PSCS.
1.     Buka file RAW atau NEF tersebut dengan PSCS.  Dalam Camera Raw dialog akan nampak seperti di bawah ini.

2. Pada White Balance dialog box, pilih Custom (pilihan paling bawah) 
 
3.    Klik WB Tool (I) yang terletak di sisi kiri atas tool nomor 3 dari kiri. Selanjutnya tentukan obyek pada foto yang ingin dijadikan sebagai Preset WB dan klik pada obyek tersebut. Untuk contoh, saya klik pada dedaunan pada pohon yang terletak di atas sayap pesawat. Bukan sulap bukan sihir, dominasi warna merah akan lenyap dan berganti dengan warna agak kecoklatan, seperti contoh gambar di bawah ini. 

4.    Berdasarkan pengalaman, semakin coklat warna langit, maka akan menjadi semakin biru setelah dilakukan tukar warna (channel swap) dengan channel mixer.  Silahkan bereksperimen sampai diperoleh tone yang paling pas menurut selera anda. 
5.    Bila hasil tahap 3 dirasa belum pas, ulangi langkah nomor 3 tersebut dengan memilih obyek/benda lain seperti langit, awan, pinggirnya awan, dedaunan atau benda lainnya yang ada pada foto dan lihat hasilnya sampai anda merasa cocok. 
Untuk foto saya yang berwarna merah di atas, setelah dilakukan channel swap, hasilnya sebagaimana anda lihat di bawah ini.

Jangan takut untuk bereksperimen ataupun sekedar mencoba-coba hal baru. Satu kali jepret foto IR, bisa diperoleh berbagai macam tone hanya dengan bermain-main setting WB.  Apabila kita sudah mengetahui "karakter" foto IR yang bagaimana yang pas dengan selera anda, maka anda akan tahu sebaiknya settingan WB diarahkan pada warna atau benda apa.  Dengan demikian, pada saat kita lihat hasil jepretan, kita bisa langsung memutuskan untuk menyimpan hasil tersebut atau memotret ulang.
Semoga tulisan yang sederhana ini dapat membantu rekan-rekan yang selama ini masih belum berhasil mem-preset WB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar